Rabu, 22 Januari 2014

Tips membuat artikel Baik, Menarik, & Berkualitas

// // 2 comments


Menjadi seorang blogger tidak akan lepas dari yang namanya menulis artikel atau postingan, karena hal itu merupakan sesuatu yang wajib di lakukan apabila ingin mejadi seorang blogger. Setelah kita memilih template bahkan mengedit template sedemikian rupa, melakukan optimasi seo pada blog, entah itu seo off page atau seo on page, mensubmit ke berbagai search engine, itu semua pun akan kelihatan tidak lengkap jika tanpa adanya artikel yang berkualitas.

Untuk menulis artikel di blog dan membuat artikel yang berkualitas memang tidak mudah, diperlukan latihan dan wawasan yang luas sehingga ide menulis yang ada didalam pikiran kita mampu kita tuangkan kedalam kata-kata hingga membentuk sebuah paragraf dan akhirnya menjadi sebuah artikel yang siap dipublikasikan. Kebanyakan blogger tidak memperhatikan hal ini sehingga akhirnya mengeluh karena artikel yang dibuatnya tidak banyak dibaca karena bahasa yang digunakan membuat bingung pengunjung blog untuk menentukan poin penting dari artikel tersebut. Hal ini pernah juga saya alami ketika baru memulai aktivitas blogging, namun ini tidak berlangsung lama, karena saya terus belajar dan menggali ilmu lebih dalam bagaimana cara dan teknik menulis artikel yang baik sehingga mudah dimengerti dan diminati banyak orang.



Artikel berkualitas merupakan tolak ukur suatu blog tersebut, jika blog dengan artikel hasil copy paste dari blog orang lain itu akan berdampak negatif yang sangat besar untuk blog itu sendiri, dan blogger yang dirugikan dapat melaporkannya hingga ujung-ujung nya blog pelaku copy paste tersebut di un-index oleh google, dan parahnya lagi blog tersebut bisa hilang di hapus oleh google.



Menulis artikel yang baik akan lebih mudah jika tumbuh pada diri seorang blogger. Sifat yang telaten dan berkeinginan yang tinggi sehingga selalu ingin belajar dan selalu mencoba memberikan yang terbaik buat calon pengunjung blog nya kelak. Memperhatikan kata kata yang akan di gunakan dan selalu membiasakan diri mencoba menjadi pembaca agar penulisan content atau artikel yang berkualitas dapat ia lakukan dengan mudah.

Apabila artikel yang anda muat didalam blog memiliki kualitas yang baik, informatif dan edukatif, pengunjung blog Anda akan terus meningkat. Karena teknik menulis artikel seperti ini juga salah satu cara meningkatkan pengunjung blog atau trafik blog. Untuk itu berikut sedikit saran saya yang perlu anda perhatikan agar anda bisa membuat artikel yang baik, menarik & berkualitas.


Poin - poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat Artikel


1. Gunakan bahasa yang baik & benar serta mudah di mengerti banyak orang.

Ketika menulis artikel, saya sarankan kepada Anda untuk menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Sehingga pengunjung tidak kebingungan untuk membaca artikel yang Anda tulis. Ketika Anda menggunakan bahasa daerah atau bahasa "GAUL" dalam sebuah artikel, maka hanya sebagian orang saja yang mengeti, dan usahakan menggunakan bahasa standard saja sehingga semua kalangan tingkat pendidikan mengerti apa yang Anda tulis.

2. Tentukan topik yang Menarik.

Untuk membuat artikel yang baik dan pastinya menarik, maka ketahuilah topik yang menarik. Dalam memilih topik, anda perlu memperhatikan dengan seksama pilihan - pilihan topik yang ada di benak anda dan kemudian pilih dengan bijak. Jadi, topik menjadi hal penting yang harus kita perhatikan diawal dalam membuat artikel yang baik.

3. Menentukan judul Artikel.

Anda harus bisa memperkirakan apa nantinya yang akan di ketik oleh visitor, bayangkan anda seorang visitor dan langsung melakukan riset sesuai judul artikel yang ada di benak anda di google atau mesin pencari lainnya.

4. Buat tulisan serapi mungkin.

Anda bisa menggunakan paragraf Justify (rata kanan-kiri), point list, bold dan pedukung lainnya agar artikel yang ditampilkan menjadi rapi, lalu buatlah tulisan yang rapi dengan membuat artikel yang memperhatikan kaidah penulisan bahasa yang tepat. Gunakan tanda baca yang tepat, serta perhatikan penggunaan huruf besar dan kecil yang tepat agar pembaca betah berlama-lama dengan artikel kita.

5. Mulai dengan kalimat yang membuat penasaran.

Kalimat awal yang mampu membuat pembaca merasa penasaran merupakan artikel yang menarik, karena hal itu dapat membuat pembaca akan lebih tertarik lagi untuk membaca artikel kita lebih lanjut bahkan hingga akhir artikel.

6. Memasang gambar pada Artikel.

Seperti yang terlihat di atas, saya selalu memberi gambar pada artikel yang saya postingkan pada blog saya ini. Pastikan gambar mengandung kata ( ALT, TAG ) alt, tag berfungsi untuk mendeteksi atau memberitahu google tentang isi gambar. Sebaiknya gunakan gambar dengan ukuran kecil dan jangan memakai link gambar dari hosting lain, upload gambar dari blog sendiri saja. Karena terkadang loading gambar sama kecepatan loading blog sendiri tidak seimbang.

7. Penggunaan Keyword.

Selalu pasang keyword di setiap paragraf artikel anda, dan janganlah terlalu sering menggunakan keyword dalam artikel, karena itu akan menjadi over optimasi dalam seo.

8. Memasang Link.

Ini sangat penting sekali, usahakan setidaknya ada 3 link dari artikel blog anda jika memang ada kaitannya. Interlink seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan robot mesin pencari mengindeks blog anda. Jika anda menaruh link keluar maka harus di beri rel="nofollow" dan untuk artikel sendiri sebaiknya tidak usah.

9. Tidak asal copy paste blog orang lain, usahakan hasil karya sendiri.

Salah satu ciri artikel yang baik adalah artikel yang asli dari hasil pemikiran kita sebagai seorang penulis. Sebenarnya sah-sah saja kita sebagai seorang penulis mengambil referensi dari karya-karya orang lain, tetapi ingat etika dalam mengambil referensi juga harus kita perhatikan, jangan asal meng copy paste karya orang lain mentah-mentah (sama persis) lalu memposting artikel itu di blog kita tanpa memberikan sumber refernsi yang jelas, karena hal ini dapat berdampak buruk pada website/blog kita terelebih lagi untuk search engine terutama Google karena artikel kita nanti akan dianggap duplicate content oleh Google, selain itu skill kita dalam membuat arikel pun tidak akan berkembang.

10. Berikan statement penutup.

Artikel yang menarik adalah artikel-artikel yang juga dilengkapi dengan menggunakan penutup, penutup sebagai pelengkap sehingga para pembaca diharapkan dapat merasa puas setelah membaca artikel itu sendiri.

Oke, sekian dulu postingan saya mengenai Tips membuat artikel baik, menarik, & berkualitas. Jika anda ingin menambahkan sesuatu yang berkaitan dengan artikel di atas, silahkan mengisi kolom komentar yang berada di bawah. Semoga bermanfaat. 

2 komentar: Leave Your Comments

  1. Wah..terimakasih bnyk atas inspirasinya..oia, ini lay out nya bagus banget..maaf, boleh berbagi tips ga yah caranya gimana?..pengen deh mendesain blog sendiri unik kaya gini..eheehe..makasih.

    BalasHapus
  2. terimakaish untuk informasinya.
    https://essensemarwangi.co.id/

    BalasHapus