Sabtu, 18 Januari 2014

AMD VS INTEL. Perbandingan antara Processor INTEL & AMD Dilihat Dari Kekurangan & Kelebihanya

// // 24 comments


Bagus mana INTEL atau AMD??

Mungkin pertanyaan tersebut sering muncul di benak anda. Processor merupakan otak suatu komputer atau notebook yang tentunya berpengaruh vital pada jalan dan kinerja komputer tersebut. Kecepatan sebuah perangkat hardware biasanya ditentukan oleh sebuah processor. Ada dua brand ternama yang unggul dalam produksi hardware yang satu ini, dia adalah INTEL dan AMD. Keduanya mendominasi pasar dunia dan dianggap sebagai yang terbaik dengan penjualan terlaris.

Perkembangan processor menjadi pemicu dalam meningkatkan komputer. berbagai cara dilakukan orang untuk memperbaiki dan mengembangkan komponen yang satu ini. hal itu terbukti dengan banyaknya perubahan dan pembaharuan processor dalam hitungan detik saja. merek processor yang digunakan adalah merek INTEL dan AMD. Kedua processor ini saling bersaing untuk merebut pangsa pasar. kebutuhan coustumer menjadi tantangan bagi kedua perusahaan Processor ini .jadi jangan heran jika notebook atau PC menggunakan Merek diantara kedua merek processor ini.

Sebelum kita membahas tentang INTEL VS AMD, marilah kita flashback dahulu tentang pengertian Processor.



Apa itu Processor??

Processor adalah sebuah chip yang berupa Integrated Circuit (IC) yang mengontrol keseluruhan sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input dan output. Processor terletak pada soket yang ada di motherboard. Processor dapat diganti dengan jenis yang lain asalkan socket pada motherboard sesuai dan sistem pada motherboard mendukung arsitektur processor tersebut. Kecepatan processor mempengaruhi kecepatan komputer secara signifikan karena benda satu ini adalah merupakan pusat pengolahan data. Processor saat ini sering disebut microprocessor karena ukurannya yang sangat kecil secara fisik namun memiliki kecepatan proses yang besar.


Processor terbagi menjadi tiga bagian penting, yakni :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU) Alu merupakan pusat untuk menghitung operasi aritmatika dan logika untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah komputer.
  • Control Unit (CU) merupakan bagian yang menjadi pengatur semua lalulintas data dan perhitungan yang dilakukan oleh processor. dengan adanya kontrol unit ini, semua perhitungan dan eksekusi yang harus di jalankan dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah denga perintah lainnya.
  • Memori Unit (MU) memori unit merupakan unit pendukung, dimana semua perintah yang sering digunakan oleh processor akan disimpan sementara di bagian ini. dengan adanya memori unit, processor tidak lagi memanggil perintah yang sama kebagian lain.dengan demikian, waktu yang digunakan untuk menjalankan perintah perintah dapat dipersingkat. pada processor modern memori unit sudah ada pada bagian processor-nya ( CORE ) dan dikenal dengan nama cache memori. Hal inilah yang mempengaruhi kinerja kecepatan sebuah Eksekusi.
Masing-masing bagian processor ini memiliki tugas masing-masing sesuai dengan namanya. Processor saat ini memiliki banyak merek, namun yang terkenal di Indonesia hanya ada dua, yakni Intel dan AMD. Padahal masih banyak merek lain, yakni Cyrix dari VIA, IBM PowerPC, IDT dan Apple.

Jenis - jenis Processor

Berdasarkan jumlah inti processor, maka processor dibagi menjadi dua macam, yaitu:

Single core, yakni microprosesor yang hanya memilki bagian inti pemrosesan sebanyak satu buah saja. Processor ini adalah processor yang umum ada dibawah tahun 2004. Pada kurun waktu tersebut, untuk mendapatkan hasil komputasi lebih besar, kita harus membeli motherboard yang mendukung dua processor.

Multi core, yakni microprosesor yang memiliki bagian inti pemrosesan lebih dari satu. Umumnya berjumlah genap dan kelipatan dua. Misalnya dual core untuk dua inti, quad core untuk empat inti dan seterusnya. Keuntungan multicore adalah pemrosesan lebih cepat karena dibagi dalam dua inti yang berbeda sehingga mendapatkan hasil yang paralel.

Sedangkan jika dilihat berdasarkan penggunaannya, microprosesor dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

Processor untuk workstation dan desktop PC. Pada awalnya processor jenis ini didominasi oleh processor dengan single core, namun belakangan sudah banyak processor multi core yang masuk ke segmen pasar ini. Keunggulannya adalah adanya fitur pemrosesan grafis untuk membantu kartu grafis. Salah satu contoh processor ini adalah AMD Athlon X2, Intel Core i3, dan lain sebagainya.

Processor untuk server. Processor untuk server memang sangat terbatas dan biasanya bercirikan memiliki kapasitas memori level 2 (L2 Cache) yang lebih besar daripada processor untuk desktop. Hal ini dikarenakan processor jenis ini difokuskan bekerja pada lingkungan pengolahan data yang cepat. Contohnya adalah AMD Opteron dan Intel Xeon.

Processor untuk mobile devices. Processor jenis ini menekankan pada pemakaian energi yang sangat hemat dan ukuran serta emisi panas yang minimal. Hal ini dikarenakan catu daya mobile devices adalah baterai yang memiliki keterbatasan dalam hal kapasitasnya. Contoh processor jenis ini adalah ARM Cortex, VIA APC, dan lain-lain.

TEKNOLOGI BARU YANG DIKELUARKAN OLEH INTEL DAN AMD

1. Seri Core
Adalah pencapaian teknologi mutakhir pada CPU AMD dan Intel. Dua core (inti processor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini sebenarnya tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti processor tersebut.Istilah yang kerap dipakai adalah multithreading. Aplikasi yang dirancang untuk ini menugaskan langkah-langkah kerja (threads) tertentu kepada setiap core processor yang dikerjakan secara paralel. Peningkatan kecepatan yang bisa diperoleh mencapai 70%.Pada aplikasi yang tidak dirancang untuk multithreading, peningkatan kinerja baru terasa bila beberapa aplikasi dijalankan sekaligus (multitasking). Misalnya ketika Anda bekerja dengan program word processor, sebuah tool AntiVirus bekerja di latar belakang untuk melindungi pekerjaan Anda dari serangan virus. Hal ini serupa dengan Hyperthreading pada Intel. Bedanya, konsep Hyperthreading menggunakan 2 prosesor virtual.
Walaupun prinsip Dual-Core pada AMD dan Intel sama, realisasinya berbeda. Saat ini Intel masih memotong 2 core prosesor (Die) tunggal dari wafer semikonduktor, dua CPU Pentium dengan masing-masing L2 cache. Kedua cache baru disatukan dalam paket Dual-Core. Sebaliknya, AMD sudah menggabungkan kedua core tidak terpisahkan dalam sebuah Die. Melalui Hypertransport Protocol, keduanya dapat langsung berkomunikasi seperti komponen pada chip Northbridge. Sebuah protokol khusus digunakan untuk menjamin pengelolaan L2 cahe secara lebih efisien. Selain itu, cache-controller terintegrasi memungkinkan akses data langsung dalam RAM.

2. 64 Bit
Inovasi yang paling menggebrak dari pengembangan processor adalah implementasi 64 Bit. Dari sisi hardware, sejak dua tahun lalu, AMD sudah siap dengan solusi CPU 64 Bit pertamanya. Sayangnya, CPU ini belum didukung Windows di segmen Desktop. Baru setelah Intel juga menawarkan CPU 64 Bit dengan seri 6xx, industri processor mulai berubah. Sejak Mei lalu, Windows XP versi 64 Bit sudah tersedia dan dapat digunakan pada CPU AMD maupun Intel.

Dari sisi software, Extended Memory 64 Technique (EM64T) Intel ini sama dengan yang dipakai AMD. Teknologi ini adalah perluasan konsep 32 Bit dengan fungsi-fungsi tambahan sehingga software 32 Bit masih dapat digunakan.Registry dan perintah-perintah 64 Bit antara lain dapat mempercepat penanganan bilangan yang membutuhkan tempat lebih dari 32 Bit, termasuk format "Long-Integer" dan "Double-Floating-Point" yang digunakan pada aplikasi ilmiah. Dengan teknologi 64 Bit, memory address yang dapat dikontak juga meningkat 16 Exabyte (praktiknya hanya sekitar 1 Terabyte). Sebanyak 32 memory address maksimal hanya mencakup 4 GB.

Peningkatan kinerja lewat teknologi 64 Bit dapat dilihat pada hasil uji Cinebench 2003 dari Maxon Cinema 4D. Dengan Athlon X2, aplikasi 64 Bit ini mencapai kinerja 30% lebih tinggi dibanding aplikasi 32 Bit. Sementara dengan Pentium 4/670 kinerjanya lebih cepat 20%.

Perusahaan terbesar pembuat dan pengembang processor



1. Intel Corporation



adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprocessor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS. Intel mengganti logo dan sloganya pada 1 Januari 2008.  Slogan lamanya “Intel inside” diganti dengan "Intel Leap Ahead".

Beberapa produk processor intel yang ada sampai sekarang ini yaitu :


  1. Intel® Pentium® 4
  2. Intel® Pentium® Dual-Core 
  3. Intel® Core™2 Duo
  4. Intel® Core™2 Quad 
  5. Intel® Core™2 Extrme
  6. Intel® Core™ i3, i5, i7
HIGH end from intel


Kinerja Dari Processor High-end dari intel core i5 dan i7
intel core i7(9xx) hampir sudah 1 tahun di luncurkan dan merupakan processor tecepat di kalangan pengguna PC. namun i7 masih mempunyai sedikit kekurangan,yaitu dari segi Harga bukan dari segi kinerja.
untuk mengantisipasi larinya para pembeli ke pesaing intel karena masalah budget yang gede ini, maka intel telah meluncurkan produk terbaru yaitu Core i5, yang di tujukan untuk pasar mainstream processor ini sebenarnya masih keturunan i7 tetapi dengan perubahan struktur.

i7 yang sebelumnya memakai soket bloomfield,berbeda dengan i5 yang memakai soket lynnfield,
berikut perbandingan core i5 dengan core i7 dari beberapa pengujian :

  1. SYSmark 2007 preview (software penguji kinerja sistem secara keseluruhan) Media2 aplikasi : WME 9, 3S max 8.0 : Kinerja core i5 mengungguli i7 satu poin persis, namun sebenarnya keseluruhan kinerjanya adalah sama, ketika turbo boost di aktifkan, core i7 langsung unjuk gigi dengan unggul empat poin.kendati ini tidak terlalu banyak.
  2. PC mark vantage ( tes kinerja sistem menyeluruh,dengan "windows vista")
    Media2 aplikasi : PC Mark suite : core i7 masih unggul dari core i5,pada sistem Gaming performa core i7 masih tidak terkejar oleh core i5, jadi bagi yang ingin membangun game 3D, core I7 pilihan yang menarik.
  3. 3D mark Vantage (mengukur kinerja untuk game 3D) : core i7 masih unggul, ketika speedstep dan turbo boost di aktifkan hasil yang di peroleh relatif tetap - seperti terjadi bottleneck pada kartu grafis yang digunakan.   
  4. siSoftware sandra 2009
    Media2 aplikasi : berbasis windows, seperti benchmarks, haedware dan sofware.
    Pada benchmarks ada tes bandwidth dan jelas core i7 lebih unggul engan triple channelnya.hal sama juga terlihat pada intruksi ISEE4.1 yang masih di pimpin oleh coe i7 dengan perbedaan yang mencolok.   
  5. Cinebanch R10 (kinerja pada animasi 4D) : core i7 dan core i5 sama-sama berinti empat. Core i7 di untungkan oleh adanya hyper-threading(HTI), sehingga sekali lagi core i7 lebih baik dari core i5.  
  6. Media encorder 9 (mengukur kinerja konversi video)
    Di dalam hal ini core i5 lebih unggul dari i7 dengan selisih waktu yang cukup jauh, setelah di lakukan penelitian oleh tim pcPLUS " terdapat sebuah anomali yakni kinerja prosesor akan turun ketika "HT" dinyalakan". Oleh sebab itu core i7 harus tunduk dalam hal ini dari i5. 
  7. dBpowerWamp Music converter 13.1 (mengukur kinerja konversi Audio)
    Core i7 kembali unggul disini, dan menariknya ketika turbo boost di aktifkan core i5 langsung melesat ke depan, inilah bukti sempurnanya turbo boost pada lynnfield (soket prosesor yang di pakai i5).  
  8. PT. Boats : knights of the sea benchmarks (kinerja di game 3D directX10)
    Kinerja core i7 dan i5 hampir sama di sini, karena hanya terpaut 1-2 fbps, yang paa praktikya tidak terasa. Pengukuran di lakukan pada saat masing2 processor dalam keadaan idle an di bebani 100%.
    Seperti yang kita ketahui, dengan TDP lebih rendah (95W VS 130 W), Core i5 menyerap lebih sedikit daya di bandingkan core i7.
    Perbedaan konsumsi dayanya cukup banyak. jadi performa core i7 yang bagus harus di bayar dengan konsumsi daya yang besar pula.

2. AMD Corporation



AMD (Advanced Micro Devices)
adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, processor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Perusahaan ini adalah penyedia processor x86-compatible processors terbesar kedua. AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :



  1. AMD Sempron™ 
  2. AMD Athlon™ FX  
  3. AMD Athlon™ 64 
  4. AMD Athlon™ X2  
  5. AMD PHENOM™ X3  
  6. AMD PHENOM™ X4  
  7. AMD bulldozer
HIGH end from AMD


AMD Bulldozer merupakan processor yang diklaim tercepat saat ini. Dan itu merupakan saingan dari Core i7 milik Intel. Tentu kita punya pilihan yang sama-sama mumpuni untuk processor, entah itu Intel maupaun AMD. Keduanya sama sama baik. Masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.


Keunggulan Dan Kekurangan Processor INTEL Dan AMD


 Beberapa perbedaan, keunggulan dan kekurangan processor Intel dan AMD :

  1. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tetapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel.
  2. L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel.  
  3. Banyak transistor pada Intel 100 milyar sedang AMD 105 milyar. 
  4.  Banyaknya Decoder, Integer, FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD.  
  5. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas), pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD.  
  6. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Doubly Digital Suround Sound.  
  7. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD. 
  8. Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.  
  9. Pada processor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat. Memang sih, untuk urusan grafis masshi kalah dibanding dengan AMD, tapi paling tidak processor Intel tidak cepat panas. 
  10. Pada processor AMD Athlon harga agak murah dibanding Intel. Grafis bagus banget,
    kecepatannya lumayan, tapi cepet banget panas dibandingkan Intel.
Perbandingan kecepatan Processor INTEL dan AMD



Dari segi penggunaanya, perangkat keras yaitu processor ini bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai inti dari kinerja komputer ini sendiri dimana semakin besar memori dan semakin banyak prosesornya semakin cepat juga kinerja yang di hasilkan oleh processor itu sendiri.
Processor yang cepat dapat kita lihat dari core (inti processor) semakin banyak core yang digunkan pada processor semakin cepat juga kinerja komputer yang kita gunakan. Mengapa demikian, karena processor bekerja didalam aplikasi-aplikasi program atau game yang kita pakai semakin banyak aplikasi yang kita jalankan semakin banyak juga processor kita gunakan.

Jadi, Kesimpulanya adalah sebagai berikut :

  • Untuk menggunakan processor Intel anda harus mengeluarkan banyak biaya apalagi dengan performanya tinggi yang di hasilkan oleh processor Intel yaitu Intel i7 dimandingkan dengan processor AMD anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya dan performanya juga lumayan bagus. Oleh karena itu utuk anda yang biayanya pas-pasan pilihlah processor AMD tapi kalau biaya yang anda punya lebih silahkan anda memilih processor Intel.  
  • Processor Intel dan Processor AMD telah di uji performannya ternyata processor intel lah yang kuat dalam hal apapun sedangkan processor AMD hanyalah pilihan kedua anda.  
  • Processor Intel lebih kuat dari processor AMD pada aplikasi multimedia, sebaliknya processor AMD menang dari processor Intel di gaming dan program 3D nya.
Disimpulkan juga, jika bertujuan untuk mendapatkan kulitas 3D game yang bagus dengan harga lebih murah, pilih AMD, dengan perbandingan ram yang sama, karena ram sangat mempengaruhi kecepatna dan grafik terutama untuk game. Tapi jika untuk kerja harian, office, corel, video, pilih Intel karena lebih suport grafiknya untuk multimedia. Selain itu juga pertimbangan harga, Intel lebih mahal tentunya juga lebih bagus.

Sekian postingan dari saya tentang AMD VS INTEL, Perbandingan antara Processor INTEL & AMD Dilihat Dari Kekurangan & Kelebihanya. Semoga bermanfaat ...

24 komentar: Leave Your Comments

  1. thanks untuk infonya... keep sharing...:D
    (www.hamidah-21.blogspot.com)

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk informasinya ;):)

    BalasHapus
  3. Intinya tu gini.,.

    Beli Laptop buat kerja ato harian pake Intel
    Beli PC di rumah buat Gaming di Weekend pake AMD.

    Broo mohon di Update donk seri Terbuass nya AMD terbaru 2015 - 2016.

    Thanks Info nya

    BalasHapus
  4. artikelnya lengkap sekali. terima kasih banyak.

    BalasHapus
  5. Prosesor yang cocok untuk jalankan aplikasi autocad cocok yang mana gan??

    BalasHapus
  6. salut saya sama artikelnya lengkap banget gan...

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. untuk gamer saya masih lebih suka Intel dengan GPU dari AMD. kenapa intel? karena pilihan seri tidak membingungkan. gak kayak AMD yg memiliki banyak seri dan nama. kalo intel cukup sebutin aja core i3 dengan seri yg mana atau core i5 dengan seri yg mana. simple dan pasti tepat sasaran.

      Hapus
  8. Kalo buat anak skolahan bagusan intel / amd?

    BalasHapus
  9. untuk editing video makai processor apa yang cocok? MuvizaMP3

    BalasHapus
  10. makasih min cerdas bengets jawabanya..

    BalasHapus
  11. Amd X4 860k
    Asrock fm2a58m vg3 soket fm 2 / fm2+
    His raden icooler r7 250 2gb ddr5
    Ram ocpc xtreme ddr 3 pc12800 8GB
    Enermax ets t40f w
    hd d western digital caviar 1 tera

    menurut kanu gimana?

    BalasHapus
  12. klok mau simple bli yg core i3 trus di combine sma grafik amd radeon :)

    BalasHapus
  13. Menarik, kebetulan saya bingung mau beli procesor apa untuk kebutuhan gaming. Dan sekarang saya sudah yakin apa yang harus saya beli. Thanks admin

    BalasHapus
  14. Gan minta saran donk laptop yang buat game sama buat belajar yang bagus saya kurang tahu di masalah prosesor


    BalasHapus
  15. Gan minta saran donk laptop yang buat game sama buat belajar yang bagus saya kurang tahu di masalah prosesor


    BalasHapus