Jumat, 17 Januari 2014

BlackBerry VS Android : Perbandingan kekurangan serta kelebihanya

// // Leave a Comment


Bicara mengenai BlackBerry vs Android,
Siapa yang tak kenal BlackBerry, gadget berteknologi tinggi yang kini hampir menguasai pasar smartphone di Indonesia, Research in motion (RIM) sebagai vendor resmi BlackBerry mengklaim bahwa 15% penggunanya berasal dari Indonesia, lebih dari 7 juta penduduk di negara yang memiliki pangsa pasar terbaik di Asia Tenggara ini meggunakan BlackBerry Massager dalam kesehariannya, di kamar mandi, di tempat tidur, di meja makan bahkan dalam meeting penting di kantor-kantor, tangan-tangan lentik komunitas ini tak henti-hentinya merangkai kata, hanya nyetir yang bisa menghentikan para pecinta chatting dari kegiatan BBM-an.

Lain halnya dengan para pengguna Android yang dari segi kuantitas masih sedikit di banding pengguna BlackBerry, hanya kalangan tertentu saja yang biasanya senang ngotak-ngatik applikasi nge-games dan browsing yang menggunakan layanan berlambang robot ijo ini, lalu apa sebenarnya kekurangan dan kelebihan dari kedua teknologi ini.


Kelebihan dan Kelemahan Blackberry




Dari segi feature BackBerry memiliki push email dan BlackBarry Massanger yang sudah sangat digemari orang-orang yang suka gaul, meskipun Android juga punya applikasi sejenis seperti LiveProfile atau WhatsApp Messeger tapi BBM jauh lebih populer dan dianggap gaya, dan katanya tingkat security nya pun lebih baik karena memliliki server yang dikelola sendiri.

Salah satu dari kelebihan Blackberry lainya adalah daya tahan baterai yang bisa diandalkan. Jika Anda senang online seperti akses FB, YM, WhatsApp ataupun BBM dan Browsing maka daya tahan baterai Blackberry bisa diandalkan untuk mendukung kegiatan Anda tersebut.

Pilihan Blackberry juga beragam. Saat ini Blackberry tersedia dalam berbagai pilihan yang cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan. Bila Anda senang Blackberry dengan keyboard QWERTY dan layar Anda bisa mendapatkan di Blackberry Bold 9900 Dakota, Ingin Blackberry dengan slider bisa mencoba Blackberry Torch 9810 bahkan bila Anda ingin Blackberry dengan layar sentuh, layar besar tanpa keyboard Anda bisa mendapatkannya di Blackberry Torch 9860.

Kelemahan Blackberry yang terpenting adalah Blackberry baru bisa berfungsi secara utuh setelah kita berlangganan paket Blackberry. So, di Blackberry kita tidak bisa pakai paket internet biasa, tapi harus khusus paket Blackberry.


Kelemahan dan Kelebihan Android.




Dari segi handheld Android menyediakan banyak pilihan dari yang murah dan sederhana sampai yang high-end dan harganya selangit, berbagai merk smartphone sudah menggunakan system operasi ini sehingga pengguna lebih leluasa menentukan pilihannya sesuai kocek yang ada, sementara BlackBerry tidak seperti itu meskipun memiliki banyak versi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Android berbasis open sources yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan banyak applikasi yang diperlukan oleh para penggunanya termasuk game-game menarik yang setiap saat bisa di download dari Google Play. Tak bisa dipungkiri, bermain game di Android terasa lebih enak dan nyaman. So bila Anda senang bermain game maka Android bisa menjadi pilihan terbaik.

Pilihan ponsel yang lebih beragam dari berbagai vendor. Anda bisa mendapatkan ponsel Android dari Sony Ericsson, Motorola, HTC, Samsung dan bahkan merek-merek lain seperti Asus, LG ataupun Acer. Sehingga lebih banyak cita rasa yang bisa Anda pilih dan nikmati.

Paket Internet Android yang bebas tanpa perlu berlangganan. Di Android kita menggunakan Paket Internet apapun, dan bahkan tanpa berlangganan paket internet pun, kita masih bisa menggunakan ponsel Android secara utuh dan penuh alias full akses.

Root Android – inilah yang bisa menjadikan sebuah alasan kenapa harus memilih Android, karena kita bisa dengan mudah melakukan rooting, sehingga kita memiliki hak akses penuh terhadap ponsel Android milik kita. Kita bisa install costum room dan merubah total tampilan dari ponsel Android kita.

Dan yang terpenting saat ini adalah aplikasi pesan singkat ikonik, BlackBerry Messenger (BBM) secara resmi telah hadir di platform iOS dan Android. Thorseten Heins, CEO BlackBerry menyebutkan aplikasi itu kini sudah tersedia di Google Play Store maupun Apple AppStore pada tahun ini. 




Dengan kata lain, aplikasi yang menjadi kebanggaan BlackBerry yaitu BlackBerry Messenger (BBM) sudah bisa di instal di smartphone Android dan iOS. Hal itu terbukti dengan banyaknya pengguna android saat ini yang meng-instal aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) ke smartphone mereka, termasuk juga saya sendiri.

So, bukan hanya pengguna BlackBerry saja yang bisa menggunakan BlackBerry Messenger (BBM), tapi pengguna  iOS dan Android-pun sekarang juga bisa menikmati aplikasi yang sangat digemari banyak orang ini.

Pada akhirnya semuanya diserahkan pada anda selaku pengguna smartphone. Namun rekomendasi dari saya lebih baik jika anda memilih Android. Seperti yang saya sebutkan di atas tadi, Dengan hadirnya BlackBerry Messenger (BBM) di platform iOS dan Android, membuat System operasi Android lebih unggul daripada BlackBerry dari segi apapun.

Bagi yang memiliki pandangan serta pengalaman lain tentang BlackBerry VS Android, silakan berkomentar agar bisa menjadi acuan bagi teman-teman yang masih tetap bingung memilih antara Android atau Blackberry.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar